Minggu, 06 November 2011

PA --> Proyek Akhir, Proyeknya Allah...

Assalamualaikum...
Bismillahirohmanirahim....


Tulisan ini dikhususkan untuk temen2 yang sedang mengerjakan PA, ataupun akan mengerjakannya suatu hari nanti....semoga bisa menambah semangat..:)
Untuk yang tidak sedang mengerjakan PA atau proyek akhir,...semoga bisa bermanfaat juga..:)



Alhamdulillah,.mungkin itu satu kata yang pantas terucap, ketika semua masalah selesai,ketika pertolongan Allah telah datang....

Alhamdulillah yah...
*Gaya syahrini..hee..

Masih inget saat awal2 mengerjakan PA(proyek akhir) dulu,..bener2 bingung bikin apa, bener2 gtw bikinnya gimana, jangankan aplikasi atau programnya bentuk proposalpun gak tau kaya gmn....hee,parah banget,..
akhirnya nanya sana sini, minta info tentang PA,..dan dikasih contoh sama bang Cahyo,..contoh proposal PA..

OOOooo...
gini toh yang namanya proposal PA,..hee...perlu diketahui juga awal mengerjakan PA di bulan2 terakhir untuk pendaftaran yang ingin wisuda bulan oktober,.
Sampe2 daftar seminar dan sidang pun di akhir2...*Contoh yang kurang baik,

Tapi Alhamdulillah,.masa pengerjaan PA yang cukup singkat ini bisa membuahkan satu kesimpulan besar...setidaknya menurutku...:)

Kesimpulan, bahwasanya Allah tidak akan meninggalkan hamba2Nya, dan Allah tidak akan menyianyiakan hambaNya yang berbuat Baik....


Lho...apa hubungannya sama PA......????


Yah,.Alhamdulillahnya,selama mengerjakan PA, dan selama itu pula aku memegang beberapa amanah di kepengurusan...waktu itu, ada amanah di Badan Mentoring, kegiatan2 di Masjid Agung buah batu, diamanahi jadi mentor dan bertepatan juga dengan bulan Ramadhan..


Langkah untuk menuju seminarpun sempat hampir gagal untuk kedua kalinya, dikarenakan ada beberapa hal yang masih kurang(dalam proposal PA,) kurangnya gak tanggung2,.yaitu.mencari 30 data dari 30 orang untuk pengujian quisioner aplikasi,.dalam waktu kurang dari sehari...Akhirnya putar otak,.dan Allah memberikan kemudahanNya...Subhanallah,.dengan ijin Allah hal2 yang tidak mungkin menjadi mungkin...Akhirnya bisa segera maju untuk daftar seminar...(Kalo yang masih inget,..waktu itu sebar di FB untuk mengisi kuisioner yang di buat di blog penjelasan aplikasinya)

Alhamdulillah,..daftar seminar sudah,.dan waktu itu sambil mengurusi untuk kepentingan PMB (penerimaan mahasiswa baru) di kampus,.sambil diperbaiki yang kurang, sambil terus megurusi kepentingan di kampus,dan beberapa amanah di tempat lain...

Bahkan, malam sebelum seminarpun, bukan belajar,cari refenrensi sana sini yang dikerjaan,...kalo tidak khilaf,.malam hari sebelum seminar, masih sempat untuk menghadiri rapat di masjid Agung buah batu hingga jam 10 malam.....
dan paginya pun..karena seminar pukul 10 pgi,..paginya pun masih sempat membantu teman2 SMILE untuk melaksanakan Registrasi mahasiswa baru..

Tapi Alhamdulillah,..seminar pun berjalan lancar,.walau banyak yang harus diperbaiki,.
banyak yang bilang dosennya sulit dan segala macem,.tapi Alhamdulillah, dengan bekal yang "pas-pasan" semua berjalan dengan lancar,....

Berkat doa dan dukungan dari teman2 yang hadir waktu itu
CC: Rayendra,Ifa, syaiful dll.. semua bisa lancar,.Alhamdulillah..
Ternyata Allah mempermudah jalannya....:)

Seminar selesai,..rehat sejenak,...tapi ternyata rehatnya keterusan, sampe2 hampir aja kelupaan ngerjain PAnya..hee....asik dengan hal2 lain yang insya Allah bermanfaat,

jarak waktu pengerjaannya pun cukup singkat, 2 bulan defaultnya,.tapi karena awal setelah seminar terlalu santai,.dan akhirnya dikejar deadline PA,...sampai2 hampir putus asa ngerjain PA,...tapi Alhamdulillah pertolongan Allah kembali datang,..lewat seorang teman juga yang mengerti dan paham tentang aplikasi yang dibuat,.Akhirnya bisa sedikit ada pencerahan mengenai PAnya,
Tanpa sadar dan memang sudah rencana Allah, ternyata seorang teman ini merupakan salah satu dari teman baik aku juga....dan Alhamdulillah, berkat pertolongan Allah melalui beliau, aplikasi yang dibuat semakin tercerahkan..:D


Tidak berhenti sampai situ,...PA pun sedikit demi sedikit terselesaikan, dan amanah, masih terus dikerjakan,..

Hingga tiba di penghujung pendaftaran sidang,....kalo gak daftar sekarang,.gbs ikut wisuda oktober, dan harus nambah satu semester lagi dengan biaya yang cukup mencengangkan....

Lagi2,.Allah menguji,...kekurangan dalam PA cukup banyak, hingga dosen pembimbing 1 waktu itu hampir2 tidak mengijinkan untuk maju sidang kembali....
Tapi Alhamdulillahnya, ditengah ke "Galauan" lagi2 bantuan Allah datang melalui teman, dan sahabat2...
Waktu itu pendaftaran terkahir di buka di akhir bulan puasa kalo tidak salah,...

Sudah penat dengan PA,.dan ingin segera pulang,....
Grr....Grr....
ditengah kepenatan, ada satu yang menjadi motivasi aku..yaitu keluarga, di rumah,..
dan salah satu cara memotivasi diri adalah dengan memajang gambar ini,di desktop laptop....









Ya,....mungkin ini salah satu motivasiku,.agar segera pulang bawa motor, dan melalui jalan puncak..!!
Walaupun foto itu diambil di lembang,..Alhamdulillah,..semangat kembali membara ketika melihat foto itu..hee...

Hingga di hari2 terkakhir pendaftaran sidang,..dan kembali terbentur dengan pembimbingku yang belum mengijinkan utnuk maju sidang,..dengan masalah yang hampir sama saat seminar, pengujian 30 orang,..wajib 30 orang minimal...
Akhirnya dengan Semangat2  terakhir,...hadirlah postingan ini

http://www.ferdipunyacerita.co.cc/2011/09/aplikasi-sms-gateway-badan-mentoring.html


Syukran jiddan teman2 yang sudah banyak membantu...:)
Semoga Allah membalas kebaikan kalian..:)
Hingga didapat data 30 orang...dan Alhamdulillah bisa maju sidang di hari terakhir pendaftaran,.dan waktu yang benar2 mepet..
Tak cukup sampai situ,.ternyata Allah masih menguji kesabaranku dengan kurangnya satu tanda tangan dosen wali, utnuk maju sidang...Masya Allah,..benar2 ujian yang luar biasa,..Akhirnya setelah menunggu hari jumat, yaitu hari terakhir pendafataran sidang, dan dapatlah ttd Dosen wali tepat beberpa menit sebelum pendaftaran ditutup...Alhamdulillah....:)


----Skip------

Sesaat sebelum sidang.....

ketika mahasiswa baru telah mulai masuk,.artinya dimulai pula kegiatan belajar di politeknik telkom, dan juga dimulailah kegiatan mentoring di Poltek.....

Ya,...saat menjelang sidang pun amanah di Badan Mentoring pun tak berkurang, bahkan semakin bertambah...
Tapi Alhamdulillah dengan ijin Allah ,semua dapat dijalankan,.antara PA dan amanah di Badan Mentoring, bahkan H- beberapa menit menjelang sidang pun, masih disibukkan dengan mengurusi kegiatan mentoring.

Tapi Alhamdulillahnya, walaupun pra sidang tidak sempat banyak belajar, dan pada dasarnya masih banyak yang kurang dipahami...

Tapi Alhamdulillah kembali saya ucapkan, Janji Allah tak pernah meleset....

Ketika banyak teman2 yang sidang hingga dibantai segala macam, bahkan ada yang dibantai hingga 4 jam...
*hehe...kalo inget banyak2 bersyukur banget...teman se kosan sendiri...:)

Subhanallah...sidang PA kemarin seperti semua berjalan dengan mudah,..hee..
Dapat penguji yang enak, bahkan salah satu pengujinya sudah kenal dan salah satu ikhwah di kampus,..walaupun tetap di "Bantai"....

dan Alhamdulillah,...hasil yang didapatpun sangat memuaskan,..luar biasanya, dan bener-bener gak nyangka bisa dapet hasil yang begitu baik....Alhamdulillah,,:)

-------Skip-------

Alhamdulillah,...satu kesimpulan yang dapat aku tarik,.bahwasanya Allah tidak akan menyia-nyiakan hamabanya yang berbuat baik...

dalam surat Al A'raf 170 :

Dan orang-orang yang berpegang teguh dengan Al Kitab (Taurat) serta mendirikan shalat, (akan diberi pahala) karena sesungguhnya Kami tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang mengadakan perbaikan.QS.Al A'Raf : 70 


Mereka bergirang hati dengan nikmat dan karunia yang yang besar dari Allah, dan bahwa Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang beriman. QS.Ali Imran : 171






Karena Itu...teruntuk saudara-saudariku yang kucinta karena Allah.....yang sedang mengerjakan PA, maupun yang akan mengerjakan PA kelak.....

Jangan pernah putus Asa dari Rahmat Allah....
Jangan takut bahwa Allah tidak akan membantu kita...
Dan jangan takut jika kita masih dipercaya Allah untuk memegang amanah-amanah di organisasi,LDK. maupun yang lain... 

Selama kita menolong agama Allah, pasti Allah akan menolong kita...


"....Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa". QS. Al Hajj: 40




Dan Satu hal yang paling penting......yaitu, Libatkan Allah sejak awal perjuangan, dan terus libatkan Allah dalam setiap langkah perjuangan kita......

Bukan hanya dalam pengerjaan proyek akhir saja,..tapi setiap langkah-langkah kita dalam meniti jalan kehidupan ini....

Yes......kenapa postingan kali ini diberi judul PA --> Proyek Akhir, Proyeknya Allah...
Karena pada dasarnya proyek akhir ini merupakan salah satu ujian juga dari Allah,..seberapa sabarkah kita,..sejauh apa kita bisa melibatkan Allah dalam perjuangan ini...dan sejauh apa kita mendekat kepada Allah, ditengah carut marut pengerjaan proyek akhir....



Wallahualam bishawab.......


Semoga bermanfaat,...walaupun tidak bisa membantu dalam pengerjaan maupun materi dll,..tapi semoga tulisan ini menjadi penyemangat baru dalam mengerjakan Proyek akhir maupun proyek-proyek kehidupan selanjutnya....


-------ferdi--------

























4 komentar:

martin mengatakan...

senasib :P daftar seminar pas hari di jam terakhir, gitu juga sidang di jam terakhir daftarnya hehehe...

Iffa Aqila mengatakan...

subhanallah..super yoo..
jadi inget "server" :p

aamiin
mohon do'anya dan bimbingannya dari semua veteran yang udah mendahului kami, untuk terjun ke masyarakat, mengamalkan ilmunya dan lulus menyandang gelar A.Md ..
semoga kami - kami tetap diberikan semangat dari awal sampai akhir, bukan hanya dalam pengerjaan PA (Proyek Akhir), tapi juga dalam PA - PA (Proyeknya Allah) lainnya :D

#aamiin

Kania Meilawati mengatakan...

hehe, jazakallah khoir utk artikelnya.. jadi inget satu ayat bahwa Allah adalah sebaik" penolong.. Semangkaaa

ferdiwira mengatakan...

@martin: hehe..kalo diinget2 bener2 dahsayat ya,..berjuang hingga akhir,...Alhamdulillah semuanya dapat diatasi...:D

@ifa: haha...servernya dimana?

Insya Allah..ammiin Ya Rabb...tetep jaga ruhiyahnya ya...
jangan lupa libatkan Allah sejak awal perjuangan...:)

@kania: afwan kania...:)
Siip2..bener banget....gak ada yang gak mungkin ketika Allah sudah turun tangan...:)

Posting Komentar

 
;